Profil Desa


Desa Tegal Yoso berdiri pada Tahun 1953 penduduk pertama desa Tegal Yoso berasal dari transmigrasi umum yang didatangkan dari Pulau Jawa yang mayoritas dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, dengan daerah asal: Kebumen, Solo, Karang Anyar, Sumedang, dan Ciparay.

Nama Tegal Yoso untuk pertama kalinya dipopulerkan oleh Camat Purbolinggo NITI SUWARSO pada Tahun 1953. Tegal Yoso terdiri dari dua suku kata  yakni Tegal dan Yoso. Kata Tegal dalam bahasa Jawa berarti ladang / Tanah yang luas, sedangkan Yoso berati membangun/membuat sendiri. Maka dengan demikian Desa Tegal Yoso dapat diartikan sebagai tanah yang diperoleh berkat usaha sendiri membuka lahan atau “tanah liar” untuk dijadikan tanah garapan / pemukiman. Orang pertama yang memimpin Desa Tegal Yoso adalah Alm. Bapak Ukmira.

Desa Tegal Yoso pada umumnya sama dengan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Purbolinggo.Desa Tegal Yoso terletak pada koordinat bujur 105.512.820 dan garis lintang -4.965746,. dengan luas wilayah 536,50  ha, yang dihuni oleh 3.239 jiwa, dengan pembagian 6 dusun dan 24 RT.

Desa Tegal Yoso merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Adapun yang berbatasan langsung dengan Desa Tegal Yoso adalah sebagai berikut:

NO BAGIAN KETERANGAN
1. Bagian Utara Berbatasan Dengan Desa Tanjung Kesuma
2. Bagian Selatan Berbatasan Dengan Desa Taman Fajar
3. Bagian Timur Berbatasan Dengan Taman Nasional Way Kambas
4. Bagian Barat Berbatasan Dengan Desa Tanjung Inten

 


TEGAL_YOSO